Custom Search

Berbagi Tempat Tidur Tak Bagus untuk Kesehatan

Berbagi Tempat Tidur Tak Bagus untuk Kesehatan

Irna Gustia - detikHealth


img
(Foto: videojug.com)
London, Sering kita mendengar keluhan tidur sendiri tidak enak. Jangan mengeluh dulu, karena para ahli menemukan berbagi tempat tidur dengan pasangan justru tidak baik buat kesehatan.

Pakar masalah tidur Dr Neil Stanley seperti dikutip dari BBCNews, Kamis (10/9/2009) mengatakan sebaiknya setiap pasangan memiliki tempat tidur terpisah karena ini baik untuk kesehatan tubuh dan kesehatan hubungan Anda.

Bukan rahasia lagi, kadang pasangan hidup memiliki masalah mendengkur atau posisi tidur yang banyak bergerak yang malah membuat pasangan tidurnya tidak bisa pulas.

Sebuah studi menemukan hampir 50% pasangan merasa tersiksa karena tidur bersama. Bahkan menurut Dr Stanley sejarah mencatat tidak ada tradisi tidur bersama di zaman Romawi atau sebelum era Victoria.

Kala itu suami istri hidup di ranjang berbeda, mereka hanya melakukan tidur bersama jika ingin melakukan aktivitas seksual.

Namun kebiasaan era lama itu berubah seiring dengan pesatnya revolusi industri ketika orang beramai-ramai pindah ke kota dan akhirnya mereka hanya memiliki tempat tinggal yang sempit sehingga tidak memungkinkan untuk membuat banyak ruangan.

Dr Stanley yang merupakan salah satu pendiri laboratorium tidur di University of Surrey Inggris itu menyarankan agar orang kembali melakukan tradisi lama untuk tidak berbagi tempat tidur.

"Ini tentang cara membuat Anda lebih bahagia. Jika Anda tidur bersama dan keduanya tidur dengan baik itu tidak masalah, tetapi jika pasangan Anda memiliki masalah tidur ini akan berbeda dampaknya buat Anda," katanya.

Dia mengatakan orang-orang yang susah tidur kebanyakan karena sedang depresi, gangguan jantung, stroke, gangguan paru-paru, mengalami kecelakaan dan masalah perceraian. Tapi sayangnya masalah tidur kadang diabaikan sebagai salah satu aspek kesehatan yang penting.

Sementara Dr Robert Meadows, sosiolog dari University of Surrey mengatakan banyak orang merasa tidur lebih baik ketika mereka tidur dengan pasangannya tetapi bukti-bukti itu kini menunjukkan sebaliknya.

Dia melakukan studi untuk membandingkan seberapa baik pasangan ketika mereka berbagi tempat tidur atau tidur secara terpisah.

Dengan meneliti 40 pasangan, dia menemukan 50% pasangan mengaku terganggu tidurnya bila pasangan tidurnya selalu bergerak. Meski begitu, banyak pasangan yang enggan untuk tidur secara terpisah dan hanya 8% saja yang melakukan tidur terpisah dengan rentang usia 40-an hingga 50-an tahun.
 
http://health.detik.com/read/2009/09/10/110517/1200539/766/berbagi-tempat-tidur-tak-bagus-untuk-kesehatan

No comments:

Post a Comment

Custom Search